4 Jenis Batu Akik Ternama

4 Jenis Batu Akik Ternama

Banyak sekali orang yang suka batu akik karena memiliki nilai estetika dan keunikan tersendiri. Tidak hanya orang tua saja yang suka batu ini, sebab ada cukup banyak kalangan muda yang menyukainya. Pencinta batu ini tak memandang pekerjaan, sehingga banyak sekali dicari. Hakekatnya, batu ini mempunyai jenis variasi dan tipe, sehingga tak dapat dipungkiri, bahwa kesukaan tiap-tiap orang tentu berbeda-beda.Bagi yang penasaran dengan batu unik ini, maka ada sebagian jenis yang perlu dikenal antara lain yaitu sebagai berikut.

 

1. Bacan HijauBatu ragam ini banyak sekali dicari oleh para kolektor. Pada dasarnya batu ini berasal dari Maluku Utara di Halmahera Selatan tepatnya tempat pulau kasiruta. Kolektor variasi batu ini tak hanya di Indonesia saja akan tapi juga terdapat banyak kolektor mancanegara. Keunikan dari batu ini adalah bisa bermetamorfosa dengan alami sebab akan tampak semakin indah seiring berjalannya waktu.

 

2. Tipe KalimayaBanyak orang yang menyebut batu akik Kalimaya dengan sebutan black opal. Pada dasarnya batu ini dikelompokkan lembek, akan melainkan banyak sekali kolektor yang mencari batu jenis ini. Warna dari batu jenis ini ialah seperti berlian sehingga benar-benar menarik perhatian. Negara-negara yang kerap dijumpai batu tipe ini merupakan Meksiko, India, Mesir, Australia, dan di Banten Indonesia.

 

3. Macam KalsedonSesungguhnya batu jenis kalsedon ini memiliki ciri-ciri yang betul-betul khas yaitu seolah-olah diselimuti dengan kabut yang transparan. Hal inilah yang menjadikan batu macam ini lebih eksotis. Tempat-tempat yang tak jarang dijumpai batu ini yaitu di daerah Sulawesi Tenggara dan Jawa Barat.

 

4. Variasi ZamrudBagi pencinta batu variasi zamrud karenanya perlu menyiapkan banyak uang untuk mendapatkannya. Warna khas dari batu ini yakni warna hijau dan sering kali diaplikasikan untuk batu perhiasan. Dikala zaman kerajaan, batu dengan ukuran kekerasan sekitar 7,5 skala mohs ini dijadikan sebagai simbol kemakmuran serta ketentraman.

 

Demikianlah sebagian jenis batu akik yang perlu diketahui oleh para kolektor. Masih ada puluhan tipe lainnya yang sangat menarik dan tentunya banyak sekali diburu oleh para pencinta jenis batu ini. Ada cukup banyak tempat di Indonesia yang terdapat banyak tambang batu ini.