Dua Metode Untuk Cek Tagihan BPJS

Dua Metode Untuk Cek Tagihan BPJS

Kerja pembuatan kartu BPJS bisa dikerjakan kapan saja. Melainkan untuk menunggu kartu aktif dan dapat mulai digunakan mesti menunggu kurang lebih 14 hari lamanya, sehingga mesti dilaksanakan cek BPJS untuk mengetahui sudah aktif atau belumnya kartu hal yang demikian. Pengerjaan tersebut tetap mesti dipantau, karena ada kasus yang dikarenakan kurang update informasi data diri sehingga cara kerja pengaktifan kartu BPJS menjadi tersendat dan berlangsung lama.

 

Berikut sebagian metode untuk cek apakah kartu BPJS Anda telah aktif atau belum yang dapat dijalankan dengan mudah dan kencang secara mandiri. Artinya Anda dapat mengerjakannya sendiri tanpa butuh bantuan pihak BPJS sehingga alhasil bisa diketahui dengan pesat. Cara yang pertama yaitu dengan mengaplikasikan laman sah milik BPJS. Cek BPJS Kesehatan perlu Anda lakukan adalah dengan berkunjung ke website sah BPJS, kemudian pada website cek tagihan Anda masukkan nomor kartu, tanggal lahir dan isi angka validasi yang tertera di laman tersebut. Lalu klik ikon cek untuk melihat status kartu Anda.

 

Untuk sistem yang kedua adalah lewat SMS. Sistem ini juga banyak dilakukan oleh para pemilik kartu BPJS sebab terbilang mudah dan dapat dikerjakan siapa bahkan tanpa butuh kuota internet. Caranya cukup gampang yaitu cuma dengan mengirimkan SMS dengan format NIK spasi Nomor Induk Kependudukan lalu kirim ke nomor layanan BPJS dengan nomor 08777-5500-400. Tetapi itu Anda cuma perlu menunggu SMS balasan yang berisikan informasi mengenai status kartu BPJS milik Anda.

 

Dan untuk cara yang ketiga untuk cek BPJS adalah dengan membuat panggilan telepon. Dengan melaksanakan panggilan ke nomor layanan BPJS yaitu 1500400 untuk menanyakan status kartu BPJS milik Anda langsung pada pihak kantor BPJS secara legal. Tapi ingat, sebelum menelepon sebaiknya siapkan secara khusus dahulu kartu BPJS Anda dan kartu identitas yang nanti pasti akan ditanyakan oleh pihak BPJS. Status kartu akan lantas Anda ketahui ketika menjalankan panggilan telepon hal yang demikian.

 

Tapi Anda mengenal apakah kartu BPJS Anda telah aktif atau belum, cek juga berapa besar tagihan yang semestinya Anda bayarkan. Contohnya pihak BPJS hanya dapat memproses kartu BPJS yang telah membayar iuran yang sudah ditetapkan, kartu BPJS akan secara otomatis tak aktif jika Anda telat melakukan pembayaran. Untuk itu benar-benar penting untuk melaksanakan cek status kartu BPJS yang telah Anda miliki.

 

Kartu BPJS yang sudah aktif secara otomatis akan seketika bisa Anda gunakan layak kebutuhan untuk menerima layanan kesehatan. Bila saja jika Anda mengeluhkan sakit pada tubuh Anda, segera datang ke layanan fasilitas kesehatan tingkat pertama untuk menerima pertolongan pertama. Dalam hal ini layanan faskes pertama meliputi puskesmas atau klinik. ternyata penyakit Anda tak bisa dilayani di faskes pertama maka Anda akan dirujuk segera ke rumah sakit yang berwajib. review singkat seputar metode cek BPJS untuk masa keaktifan kartu yang dimiliki.